Anda Benar, Saya Memilih Nomor Dua!


Lagi-lagi grup whatsapp di ponsel saya dikirim broadcast-broadcast sampah!  Kenapa saya bilang sampah? Karena isinya tak lebih dari hasutan penuh kebencian.  Saya sudah mulai terganggu dengan bau sampah-sampah ini. Mual hingga muak, sekarang ini. Mula-mula soal Sari Roti. Betapa pendeknya akal mereka yang menyerukan hashtag boikot Sari itu. Pintar dikitlah, bos-bos besar kayak mereka mana ngaruh sama aksi semacam itu. Ente kira mereka cuma punya satu pemasukan? Kalau kayak gitu mana bisa mereka jadi kaya-raya!  Mikir, Bung!  Yang susah ya saudara-saudara kita yang kelasnya selevel kita ini. Dengan dungunya melabeli Sari Roti haram. Kalian meragukan MUI? Kan Sari Roti dapat label halal juga dari MUI? Mikir makanya!

Lalu, beberapa waktu yang lalu juga ramai beredar di sosmed tentang vaksin kanker Serviks. Mboknya kalau enggak paham tuh nanya. Ke Puskes kelurahan kek yang deket. ke Puskes Kecamatan yang menyalurkan vaksin tersebut meneruskan dari Pemda. Atau yang paling mudah googling! Saya sendiri langsung bertanya-tanya ke beberapa teman. Beruntungnya saya, memiliki teman dan kenalan-kenalan yang paham soal itu. Memang dasarnya kalau sudah benci, apa saja yang dilakukan yang dicari ya kesalahan-kesalahannya. Piknik, Mbak! Biar lingkungannya luas biar bisa nanya dan konfirmasi berita hoax seperti yang saya lakukan. Kalau Anda bodoh kan ya minimal teman-teman Anda tidak bodoh.

Dan masih banyak pesan kebencian berantai lainnya yang masuk ke ponsel saya. Ini membuat saya gelisah dan sungguh saya merasa sedih. Begitu mudahnya kita terhasut. Begitu mudahnya menebar kebencian. Lalu, satu dan lain hal yang mendorong saya untuk mengeluarkan uneg-uneg melalui tulisan adalah, tadi malam, seseorang yang saya kenal di komunitas menulis online. Belau dengan menggebu-gebu menuliskan betapa munafiknya kami-kami yang diam saja ketika ayat suci agama sendiri dihina. Lalu beliau menambahkan, Kira-kira begini: Baca Al-Quran aja enggak gimana bisa paham tafsir. Dan lain-lain.  Jujur, hati saya mencelos. Jadi maksud mbaknya, Gusdur itu enggak paham tafsir dan Al-Quran? GusMus juga?

Lagi pula, coba kita mundur sedikit. Jauh sebelum ada seorang Ahok. Negara ini sudah carut-marut karena korupsi. Sapi-sapi, Al-Quran, bahkan ada anggota dewan yang sudah dipenjara pun masih terima gaji. Enak betul kan, sudah korupsi milyaran, dipenjara, sudah tidak memnberikan kontribusi apa-apa bagi negara eh masih terima gaji pula. Siapa mereka? Pemimpin-pemimpin yang katanya muslim. Pemimpin-pemimpin yang beragama Islam. Pemimpin yang seharusnya amanah.

Kita sebut sajalah mereka oknum. Dan oknum inilah yang memuakkan bagi saya. Saya begitu antipati pada orang-orang di lingkungan kerja saya yang terus-menerus berteriak takbir hingga kalimat setuju jika presiden jatuh, sampai, yang belum lama ini saya dengar, menyandingkan kata bleguk dengan nama Gusdur. Di luar sana, oknum ini lantang bertakbir tapi di dalam, di keseharian, melihat oknum ini salat saja tidak pernah, alih-alih salat Jumat yang tidak boleh ditinggal tiga kali berturut-turut. Yang munafik siapa ya? Status FB-nya saja yang penuh dengan ayat-ayat dan menulis aamiin disetiap postingan fakir like, amin, dan komen semacam itu. Ia tidak sadar bahwa itu bentuk penipuan mutakhir di dunia sosial media.

Itu hanya satu elemen, soal salat yang notabene urusan masing-masing orang. Ini hanya biar adil saja. Masih ada kok soal yang lain. Tinggal ditanyakan ke diri masing-masing, sudah amanahkah Anda dengan komitmen pekerjaan Anda? Tujuh tahun bekerja di antara PNS. Saya tahu betul betapa brengseknya mereka. Betapa mau enaknya sendiri. Betapa mau mudahnya saja dan betapa mau benar sendiri. Saya mah apa atuh, cuma pegawai minoritas alias honor! Terus terang, saya senang dengan kehadiran pak Ahok. Beliau meluruskan persepsi bahwa PNS adalah pelayan bagi masyarakat karena pelayanannya itulah mereka digaji sangat layak, diberi tunjangan ini. Tunjangan itu. Konon beras dan kain batik pun ada anggarannya. Dengan loyalitas seperti itu sudah sewajarnyalah mereka bekerja dengan baik dan amanah. Seharusnya.

Tapi apa mau dikata, terbiasa hidup enak. Terbiasa menjadi raja-raja kecil. Dengan tunjangan, dengan gaji besar, dengan kendaraan dinas, dengan ruangan berpendingin udara, oknum-oknum berseragam ini malah asyik berngkongsi sesama mereka dan saling menutup borok.

Ayohlah, Bung. Kalau bukan karena politik, korupsi, bukan hanya rumahmu yang akan terang oleh listrik dan dialiri air PAM!

Perkara penistaan ini, secara pribadi saya berpendapat ini bukan masalah agama. Ini jelas masalah politik. Enggak usah tutup matalah, toh memang surah Al-Maidah 51 tersebut memang sering digunakan untuk mendiskreditkan pemimpin-pemimpin non-Muslim. Jangan-jangan yang teriak paling kencang itu mereka-mereka yang jam kerjanya bertambah, dituntut sesuai besar tunjangan yang di dapat, yang indispliner, yang aliran hibahnya dihentikan, yang tidak bisa lagi bermain kongkalikong di belakang. Barisan-barisan sakit hati, begitu.

Saya rasa saya tidak sendirian, tapi banyak orang di luar sana yang gembira karena akhirnya memiliki presiden yang begitu disayangi rakyatnya. Memiliki Gubernur jujur dan benar-benar membangun dan memberi apa yang rakyat butuhkan. Saya bukan warga DKI tetapi saya melihat betapa banyak perubahan yang sudah dilakukan pak Ahok, terlebih, saya secara pribadi berterima kasih, karena sekarang sayang memiliki penghasilan yang layak. Meski jurang antara PNS dan honorer itu tetap menganga. Kenapa? Karena kami selalu disindir, eh UMP cair tuh! yang artinya makan-makan dong! Padahal, klo tunjangan atau sertifikasinnya beliau-beliau ini cair langusng bisa beli motor satu atau untuk saya, bisa buat DP kredit rumah sekelas BTN. Mereka diam seribu bahasa, juga, kami tidak pernah iseng minta ditraktir. Honor yang harus tahu diri!

Ayolah, biarkan keadilan sosial itu dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya Jawa, atau Sumatera tetapi juga di pulau dan kota-kota lainnya. Semuanya bisa terwujud dengan pemimpin-pemimpin jujur yang tidak diintervensi pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Ah, ya! Saya memang bukan warga DKI Jakarta, saya tidak bisa memilih paslon Ahok-Djarot meski pun ingin. Saya berKTP Tangerang, namun, saya tetap memilih nomor 2 untuk Rano-Embay!

Salam.

Semoga ada yang tercerahkan lewat uneg-uneg ini.

Iklan

Kata Bijak Tentang Buku


Kutipannya manis sekali 🙂

Shinta

Membaca tanpa merenungkan ibarat makan tanpa mencerna.

Edmun Burke

Aku rasa, televisi itu sangat mendidik. Begitu seseorang menyalakannya, aku pergi ke perpustakaan dan membaca buku.

Groucho Marx

Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya.

Samuel Butler

Anak-anak disulap menjadi pembaca di pangkuan orang tua mereka.

Emilie Buchwald

Buku adalah mercusuar yang berdiri di tepi samudra waktu yang luas.

Edwin P. Whipple

Ada banyak cara kecil untuk meluaskan dunia anak-anak. Cinta buku adalah yang terbaik dari segalanya.

Jacqueline Kennedy

Membacakan buku untuk anak merupakan satu aktivitas terpenting untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang mereka perlukan untuk belajar membaca.

Marilyn Jager Adams

Pakai baju lama dan beli buku baru.

Austin Phelps

Buku, bagi seorang anak yang membaca, lebih dari sekadar buku. Tetapi, ia merupakan impian sekaligus pengetahuan dan masa depan sekaligus masa silam.

Esther Meynell

Kau mungkin punya harta tak berhingga

Tumpukan emas dan permata

Aku takkan pernah lebih…

Lihat pos aslinya 338 kata lagi

Tips Nulis Part 1: Memanggil Ide


Semoga bermanfaat ~

Guntur Alam

Gambar

 

Kamu pernah nggak ngalami kayak gini: Mendadak buntu ide!  Berjam-jam depan layar laptop, nggak tahu mau nulis apa. Jadi heran kan kenapa orang lain bisa nulis dengan lancar jaya tanpa hambatan, sementara kita selalu macet kayak jalanan Jakarta. Gimana sih mereka dapat ide sampai nggak putus-putus gitu? Mereka nunggu ide datang atau malah sebaliknya, manggil ide agar datang. Nah loh…

Lihat pos aslinya 657 kata lagi

Kamisan #2 Kutukan : dan hal-hal yang menarik untuk diketahui


Pada awalnya saya akan menceritakan satu hal, terkait masa lalu, sehingga saya merasa dikutuk sebab hal ini seolah membuat saya dikejar-kejar masa lalunya masa laluku. Bingung? Maka tidak usahlah dipikirkan 😀

Mencoba untuk keluar dari hal yang mainstream maka kuputuskan tak jadi membuka aib soal kutukan pribadiku. Dipostingan ini aku menyadur informasi mengenai kutukan-kutukan dari berbagai tempat.

Jadi, apa sieh kutukan itu?

Berdasarkan rujukan dari KKBI, kutukan dengan kata dasar kutuk bermakna : doa atau kata-kata yang dapat mengakibatkan kesusahan atau bencana kepada orang lain. Sementara kutukan sendiri bermakna : sumpah, makian, laknat (Tuhan)

Nah, berikut ini kutukan-kutukan yang aku rasa cukup menarik untuk disebarkan lagi. so, enjoy!

1. Kutukan Boneka Robert

Disimpan di Museum East Martello di Florida, Robert the doll yang berusia lebih dari 100 tahun ini menjadi terkenal karena sangat menyeramkan, tidak hanya bentuknya, tetapi kisah mengerikan yang dia bawa.

Pada tahun 1896, Otto memberikan boneka pada anak bungsunya yang bernama Robert Eugene Otto. Karena suka dengan boneka tersebut, sang anak memberikan nama yang sama, sedangkan nama Robert sendiri berubah menjadi Gene. Sejak saat itu, hal mengerikan terjadi. Sering ada suara tawa yang aneh, terjadi kerusakan dalam rumah tanpa sebab yang jelas, juga para tetangga sering melihat boneka Robert dengan penampakan mengerikan.

Yang lebih parah, boneka Robert seolah menguasai Gene, hingga anak itu ketakutan. Tidak mau hal mengerikan terus terjadi, keluarga Otto memilih pergi dari rumah tersebut dan meninggalkan boneka Robert. Saat Gene sudah dewasa dia kembali ke rumahnya dan menemukan boneka Robert. Sekali lagi, boneka Robert menguasai Gene hingga dia hampir gila. Akhirnya boneka Robert dibawa ke museum. Para pengunjung sering mengatakan bahwa boneka tersebut mengeluarkan hawa jahat.

2. Kutukan Lukisan The Crying Boy

Tahun 1985, warga Inggris panik dengan rangkaian kebakaran yang terjadi secara aneh dan misterius. Pada setiap rumah yang terbakar, ada satu kesamaan, mereka memajang lukisan The Crying Boy. Anehnya, hanya lukisan itu saja yang tidak terbakar.

Setelah dilakukan penyelidikan, ada kabar yang mengatakan bahwa anak laki-laki dalam lukisan tersebut seorang yatim piatu, kedua orang tuanya meninggal dalam peristiwa kebakaran. Anehnya, studio tempat lukisan itu diproduksi juga mengalami kebakaran hebat. Anak laki-laki dalam lukisan juga dikabarkan meninggal dalam sebuah lukisan.

Kabarnya arwah anak laki-laki dalam lukisan ingin balas dendam dengan air mata dalam lukisan tersebut. Meskipun lukisan tersebut sudah dibakar, masih ada ribuan lukisan serupa yang beredar di seluruh dunia.

3. Amber room

Pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, terjadi banyak penjarahan emas dan harta karun oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Amber Room adalah sesuatu yang ikut dijarah saat itu. Amber Room juga dijuluki sebagai Keajaiban Dunia Kedelapan dan merupakan hadiah untuk Peter Agung pada 1716, untuk merayakan perdamaian antara Rusia dan Prusia.

Pada tahun 1941, Nazi menguasai dan membongkar ruangan itu untuk diamankan. Setelah sempat ditampilkan di museum pada tahun 1943, Amber room kemudian menghilang. Sejak itu, orang yang terkait dengan ruang itu jatuh di bawah kutukan. Kurator museum, Alfred Rhode dan istrinya, meninggal karena tifus dan tubuh mereka lenyap, bersama dengan dokter yang menandatangani sertifikat kematian mereka.

Jenderal Rusia Gusev, yang dikaitkan dengan Amber Room, juga meninggal dalam kecelakaan mobil misterius. Anehnya, Georg Stein, salah satu para pemburu Amber room, ditemukan tewas di hutan Bavaria, dalam kondisi telanjang dengan perut yang diiris hingga terbuka oleh pisau bedah.

4. Berlian Koh-i-Noor

Koh-i-Noor adalah salah satu jenis perhiasan tertua dan paling terkenal di dunia pada tahun 1306. Dalam sebuah teks Hindu disebutkan bahwa orang yang mempunyai berlian ini akan memiliki dunia, tetapi juga akan menemui kemalangannya sendiri.

Hanya Tuhan, atau wanita, yang bisa memakainya, karena banyak penguasa laki-laki yang memiliki itu akhirnya tewas, termasuk Nadir Shah, yang dibunuh pada tahun 1747.

Ketika Ratu Victoria dihadiahi berlian itu pada bulan Juli 1850, ia kabarnya sangat terkesan dan kemudian mengubah bentuk serta memotongnya menjadi lebih kecil. Namun, untuk menghormati kutukan itu, tidak ada ahli waris laki-laki yang diizinkan untuk memakainya. Berlian itu masih dipajang di Menara London hingga saat ini.

5. Kutukan Tutankhamun (Firaun)

Jika menyebut nama Firaun, yang terbayang adalah raja yang sudah diawetkan dalam bentuk mumi. Mumi sendiri sering dikaitkan dengan kutukan-kutukan tertentu sebagai pelindung agar tidak ada tangan usil yang mengganggu ketenangan sang mumi. Kutukan mumi yang paling misterius terjadi pada pembukaan makam Firaun. Penyumbang dana pembongkaran makan, Lord Carnarvon, meninggal dunia karena penyakit misterius, meninggalkan bekas luka di pipi

Yang mengerikan, ada cerita yang mengatakan bahwa saat Lord Carnarvon meninggal, seluruh Kairo menjadi gelap, anjing kesayangannya menggonggong tanpa sebab dan mati setelahnya. Saat mumi Firaun dibuka, ditemukan bekas luka di pipinya, sama seperti bekas luka di pipi Lord Carnarvon.

Orang-orang yang terlibat dalam pembongkaran makam mumi Firaun juga meninggal dengan cara tidak wajar. Bahkan beberapa mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Ada yang meninggalkan catatan kematian bahwa mereka tidak tahan dengan teror misterius yang terjadi.

Namun, anyak ilmuwan mulai menelaah kutukan fir’aun dari sudut pandang ilmiah. James Randi, pemain sulap terkenal, dalam bukunya Encyclopedia of Claims, Fraunds and Hoaxes of the Occult and Supranatural, menuliskan nama-nama semua orang Eropa yang hadir ketika makam Tutankhamun dibuka dan kapan mereka meninggal dunia. Pernah mendengar yang namanya tabel aktuaria? Tabel ini memberi nilai harapan hidup kita, didasarkan pada dimana tempat tinggal kita, apakah merokok atau tidak,dll. Randi memeriksa tabel aktuari yang relevan untuk semua orang yang dihubungkan dengan makam Raja Tutankhemen, dan siapa yang meninggal berikutnya.

Ternyata, orang-orang yang hadir dalam pembukaan makam, hidup satu tahun lebih lama dibandingkan ramalan tabel aktuaria. Howard Carter meninggal pada usia wajar, yaitu 66 tahun. Dr. Douglas Derry, yang membedah mumi, meninggal pada usia lebih dari 80 tahun. Alfred Lucas, ahli kimia yang menganalisis jaringan tubuh mumi, meninggal pada usia 79 tahun. Penelitian lain menunjukkan tidak ada pengaruh nyata pada harapan hidup orang-orang yang terlibat pada penggalian tersebut. Para korban mungkin tidak meyadari bahwa di dinding-dinding makam yang penuh dengan ornamen-ornamen indah itu ternyata tersembunyi ribuan bahkan lebih pembunuh mematikan yang telah berumur 3000 tahun lamanya!

Dinding-dinding itu diselimuti oleh jamur cokelat kecil. Bakteri mungkin timbul dari plester atau cat dan hidup dari kelembaban plester setelah makam ditutup. Maka, pembunuh sebenarnya adalah bakteri mematikan yang bernama aspergillus niger. Dalam makam yang hangat, bakteri yang menyerang sistim pernapasan ini berkembang. Ia satu-satunya makhluk yang dapat bertahan hidup selama 3000 tahun di makam itu. Saat Shryl Munson, korban terakhir yang ikut meninggal setelah berkunjung ke makam tiba dengan ketahanan tubuh yang rapuh, maka ia adalah rumah utama bagi jamur itu.

Spora itu terhisap dan menyerang sel yang lemah, menghancurkannya selagi menyebar. Sheryl Munson kekurangan oksigen, 10 hari setelah masuk rumah sakit, fungsi paru-parunya berhenti. Tim dokter berhasil menemukan jamur aspergilllus niger pada saat melakukan biopsi paru-paru Sheryl Munson dan jamur mematikan ini ditemukan lebih banyak lagi di dalam makam Tutankhamun, terutama di dinding makam. Sheryl ternyata telah melakukan suatu hal yang sangat fatal bagi hidupnya pada saat mengunjungi makam Tutankhemen. Ia menyentuh dinding makam dan mengusap-usapkan jemari tangannya ke beberapa lukisan cat, dimana di sana telah menunggu bakteri yang sangat mematikan untuk bermigrasi ke dalam tubuhnya

Begitu juga dengan orang-orang yang terlibat dalam pembongkaran makam. Bekerja dengan mumi bisa fatal, baik bagi peneliti dan muminya. Tindakan gegabah Howard Carter yang memotong-motong tubuh mumi berakibat sangat fatal bagi mereka yang terlibat karena peneliti bisa menghisap spora dari debu mumi. Sebaliknya, peneliti bisa memberikan bakteri atau kelembaban pada permukaan mumi yang bisa mengakibatkan pembusukan.

berbahaya, namun beberapa lagi sangat mematikan. Tidak memakai pelindung saat bekerja dengan mumi, akan sangat rentan terinfeksi oleh spora jamur. Itulah yang terjadi pada Carter dan orang-orang di sekelilingnya. Otopsi gegabah terhadap mumi Tutankhamun ternyata melepas banyak pembunuh mengerikan yang kasat mata. Parahnya, pada saat otopsi itu berlangsung, Carter dan rekan-rekannya tidak memakai pelindung apapun, mereka hanya memakai pakaian sehari-hari. Jadi mungkin terjadi persilangan kerusakan antara para peneliti dan mumi. Namun banyak orang yang beruntung seperti Carter yang tidak terinfeksi bakteri ini.

6. Manusia Es

Oetzi, atau manusia es, begitulah ia dikenal, ditemukan di Puncak Gunung antara Austria dan Italia pada tahun 1991. Selama 13 tahun selanjutnya, tujuh orang yang berhubungan dengan temuannnya, tewas. Dalam beberapa kasus, kematian mereka tampak seperti kematian biasa, namun empat kematian di antaranya cukup ganjil atau mengenaskan.

Kematian pertama terjadi tahun 1992 ketika Rainer Henn, ahli patologi forensik yang menyimpan Oetzi ke dalam sebuah kantung mayat dengan tangan telanjangnya, tewas akibat tabrakan mobil dalam perjalanan menuju sebuah konferensi dunia untuk membahas Manusia Es tersebut. Berikutnya, Kurt Fritz, pemandu gunung yang mengantarkan Henn ke Oetzi, dan yang membuka wajah Oetzi, tewas tertimbun tanah longsor. Orang nomor tiga, yang mem-film-kan penemuan Oetzi, meninggal akibat tumor otak.

Daftar korban semakin menyeramkan: Helmut Simon, yang dengan istrinya adalah orang yang pertama kali menemukan Manusia Es tersebut, menghilang selama 8 hari pada tahun 2004. Ketika tubuhnya ditemukan wajahnya menunduk di dalam tumpukan es, dimana ia telah jatuh dari karang terjal setinggi 300 kaki. Dieter Warnecke, kepala tim penyelamatan yang menemukan Helmut, tewas akibat serangan jantung satu jam setelah penguburan Helmut.

Pria nomor enam, Konrad Spindler, meninggal akibat komplikasi yang disebabkan oleh Multiple Sclerosis enam bulan setelah kutipannya disebarkan “Menurut saya, kejadian ini hanya sampah. Ini hanya buatan media saja. Anda akan mengatakan bahwa sayalah korban selanjutnya.”

Yang ketujuh dan yang terakhir (sejauh ini) adalah tahun 2005: Tom Loy, seorang ilmuwan yang menemukan darah manusia pada pakaian dan senjata Oetzi, meninggal akibat penyakit darah turunan. Kejadian ini biasanya dianggap tidak lebih dari kematian alami tetapi tidak apabila melihat kenyataan bahwa ia didiagnosa pada tahun 1992, satu tahun setelah mulai bekerja dengan Manusia Es tersebut. Bukti menunjukkan bahwa Manusia Es mengalami akhir yang kejam, ditembak dengan sebuah anak panah sebelum kepalanya tertampar keras. Jadi pada dasarnya, Oetzi adalah korban pembunuhan klasik yang tertinggal di pegunungan sehingga menjadi mumi di sebuah kuburan tak bertanda.

Berdasarkan kejadian-kejadian ini, mungkin kamu akan menjadi korban selanjutnya karena membaca artikel ini!

Selamat Malam!

Sumber :

http://uniknya.com/2012/04/5-kutukan-nyata-paling-aneh/

http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/11/biografi-firaun-tutankhamen-penguasa.html

http://www.apakabardunia.com/2013/09/5-harta-karun-penuh-kutukan.html

http://www.vemale.com/ragam/25095-6-kutukan-paling-menyeramkan-di-dunia-6.html

Telaga Milik Maharani


Aku sangat terkejut ketika diberitahu bidan  bahwa anak yang baru dilahirkan istriku ini mengalami kelainan pada fisiknya. Anak pertamaku terlahir dengan menderita cacat fisik, jari-jarinya tak utuh. Hanya ada tiga jari pada tangan kanannya dan empat jari pada tangan kiri. Hasil sempurna karna kekurangan asupan makanan bergizi dan menghirup asap pabrik yang banyak berdiri di desa kecil kami.

Satu jam sejak kelahirannya aku sudah bisa menerima anak ini dengan utuh. Dia anakku seperti apapun kondisinya. Aku hanya perlu menyakinkan istriku bahwa dia juga akan menerima cacat anak kami dengan lapang dada. Kami akan jadi orang tua yang menahan panas sinar matahari di atas kepalanya. Kami akan jadi orang tua yang menabur bunga-bunga di setiap jalannya.

Aku bahagia memandangi istri dan anakku bermain di petak kecil ladang kami, kelak anak itu akan tumbuh dengan kakinya sendiri, dengan usahanya sendiri. Kelak, dia tidak akan lupa bahwa ayah dan ibunya adalah kesegaran telaga yang bisa terus diraupnya sampai kapanpun juga. 

Dari Akulah Si Telaga milik SDD utk #FF2in1

Saat Iblis Bertamu Kepada Rasulullah SAW


Iblis Terpaksa Bertamu Kepada Rasulullah  SAW

(dari Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas)
http://4.bp.blogspot.com/_UShlmUmGU9I/TB8m6cBdgLI/AAAAAAAAACA/4Tcmh0LvQfs/s1600/iblis.jpg

Notes :
Kisah di bawah ini, masih belum dapat dipastikan apakah kejadian ini memang dialami Rasulullah SAW, atau hanya kisah yang menginspirasi. Admin belum dapat menemukan kesahihan nya. Namun terlepas dari itu, ambillah pelajaran dari kisah ini. Semoga dapat membantu dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman  seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari  luar rumah: “Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan  membutuhkanku.”

Rasulullah bersabda: “Tahukah kalian siapa yang  memanggil?”

Kami menjawab: “Allah dan rasulNya yang lebih tahu.”

Beliau melanjutkan, “Itu Iblis, laknat Allah  bersamanya.”

Umar bin Khattab berkata: “Izinkan aku membunuhnya wahai  Rasulullah”.

Nabi menahannya: “Sabar wahai Umar, bukankah  kamu tahu bahwa Allah memberinya kesempatan hingga hari kiamat? Lebih  baik bukakan pintu untuknya, sebab dia telah diperintahkan oleh Allah  untuk ini,  pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengarkan dengan  baik.”

Ibnu Abbas RA berkata: pintu lalu dibuka,  ternyata dia seperti seorang kakek yang cacat satu matanya. Di janggutnya terdapat 7 helai rambut  seperti rambut kuda, taringnya terlihat seperti taring babi, bibirnya  seperti bibir sapi.

Iblis berkata: “Salam untukmu Muhammad. Salam untukmu  para hadirin…”

Rasulullah SAW lalu menjawab:  “Salam hanya  milik Allah SWT, sebagai mahluk terlaknat, apa  keperluanmu?”

Iblis menjawab: “Wahai Muhammad, aku datang ke sini bukan atas  kemauanku, namun karena terpaksa.”

“Siapa yang  memaksamu?”

Seorang malaikat dari utusan Allah telah mendatangiku  dan berkata:

“Allah  SWT memerintahkanmu untuk mendatangi Muhammad sambil menundukkan diri.beritahu Muhammad tentang caramu dalam menggoda manusia. jawabalah  dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Allah, andai kau  berdusta satu kali saja, maka Allah akan jadikan dirimu debu yang ditiup angin.”

“Oleh  karena itu aku sekarang mendatangimu. Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan. Jika aku  berdusta, aku akan dicaci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku daripada cacian musuh.”

Orang Yang Dibenci Iblis

Rasulullah  SAW lalu bertanya kepada Iblis: “Kalau kau benar jujur,  siapakah manusia yang paling kau benci?”
Iblis segera menjawab: “Kamu, kamu dan orang sepertimu adalah mahkluk  Allah yang paling aku  benci.”

“Siapa  selanjutnya?”

“Pemuda yang bertakwa yang memberikan dirinya mengabdi  kepada Allah SWT.”
“lalu siapa  lagi?”
“Orang Aliim dan wara’  (Loyal)”
“Lalu siapa  lagi?”
“Orang  yang selalu  bersuci.”
“Siapa  lagi?”
“Seorang fakir yang sabar dan tak pernah  mengeluhkan kesulitannnya kepda orang lain.”
“Apa tanda  kesabarannya?”
“Wahai Muhammad, jika ia tidak mengeluhkan kesulitannya  kepada orang lain selama 3  hari, Allah akan memberi pahala orang -orang  yang sabar.”
” Selanjutnya  apa?”
“Orang kaya yang bersyukur.”
“Apa tanda  kesyukurannya?”
“Ia mengambil kekayaannya dari tempatnya, dan  mengeluarkannya juga dari tempatnya.”
“Orang seperti apa Abu  Bakar menurutmu?”
“Ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam  Islam.”
“Umar bin  Khattab?”
“Demi Allah setiap berjumpa dengannya aku pasti kabur.”
“Usman bin  Affan?”
“Aku  malu kepada orang yang  malaikat pun malu kepadanya.”
“Ali bin Abi  Thalib?”
“Aku  berharap darinya agar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskanku dan  aku melepaskannya. tetapi ia tak akan mau melakukan itu.” (Ali bin Abi Thalib selau berdzikir terhadap Allah SWT)

Amalan Yang  Dapat Menyakiti Iblis

“Apa yang kau rasakan  jika melihat seseorang dari umatku yang hendak  shalat?”
“Aku  merasa panas dingin dan gemetar.”
“Kenapa?”
“Sebab, setiap seorang hamba bersujud 1x  kepada Allah, Allah mengangkatnya 1 derajat.”
“Jika seorang umatku  berpuasa?”
“Tubuhku terasa terikat hingga ia  berbuka.”
“Jika ia berhaji?”
“Aku  seperti orang gila.”

“Jika ia membaca al-Quran?”

“Aku merasa meleleh laksana timah diatas api.”
“Jika ia  bersedekah?”
“Itu sama saja orang tersebut membelah tubuhku  dengan gergaji.”
“Mengapa bisa begitu?”
“Sebab dalam sedekah ada 4 keuntungan baginya.  Yaitu keberkahan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu kelak  akan menjadi hijab antara dirinya dengan api neraka dan segala macam  musibah akan terhalau dari dirinya.”
“Apa yang dapat mematahkan  pinggangmu?”
“Suara kuda perang di jalan  Allah.”
“Apa yang dapat melelehkan  tubuhmu?”
“Taubat orang yang bertaubat.”
“Apa yang dapat membakar hatimu?”
“Istighfar di waktu siang dan malam.”
“Apa yang dapat mencoreng wajahmu?”
“Sedekah yang diam – diam.”

“Apa yang dapat menusuk  matamu?”

“Shalat fajar.”
“Apa yang dapat memukul  kepalamu?”
“Shalat berjamaah.”
“Apa yang paling mengganggumu?”
“Majelis para ulama.”
“Bagaimana cara makanmu?”
“Dengan tangan kiri dan jariku.”
“Dimanakah kau menaungi anak – anakmu di musim panas?”

“Di bawah kuku manusia.”

Manusia Yang Menjadi  Teman Iblis

Nabi  lalu bertanya : “Siapa temanmu wahai  Iblis?”

“Pemakan riba.”

“Siapa sahabatmu?”
“Pezina.”
“Siapa teman  tidurmu?”

“Pemabuk.”

“Siapa  tamumu?”

“Pencuri.”

“Siapa utusanmu?”
“Tukang sihir.”
“Apa yang membuatmu gembira?”
“Bersumpah dengan  cerai.”

“Siapa  kekasihmu?”

“Orang  yang meninggalkan  shalat jumaat”
“Siapa manusia yang paling  membahagiakanmu?”

“Orang  yang meninggalkan shalatnya dengan  sengaja.”

Iblis Tidak Berdaya Di hadapan Orang Yang Ikhlas

Rasulullah SAW lalu  bersabda : “Segala puji bagi Allah  yang telah membahagiakan umatku dan  menyengsarakanmu.”
Iblis segera menimpali:
“Tidak,tidak.. tak akan ada kebahagiaan selama aku hidup hingga hari akhir. Bagaimana kau bisa berbahagia  dengan umatmu, sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah mereka dan  mereka tak bisa melihatku.”

“Demi yang menciptakan diriku dan memberikanku kesempatan hingga  hari akhir, aku akan menyesatkan mereka semua.  Baik yang bodoh, atau yang pintar, yang bisa membaca dan tidak bisa membaca, yang durjana dan yang shaleh, kecuali hamba  Allah yang  ikhlas.”

“Siapa orang yang ikhlas  menurutmu?”
“Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahwa  barang siapa yang menyukai  emas dan perak, ia bukan orang yang  ikhlas.
“Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan  dirham, tidak suka pujian  dan sanjunang, aku bisa pastikan bahwa ia orang yang ikhlas, maka aku  meninggalkannya.
“Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan  dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh  padaku.”

Iblis Dibantu oleh 70.000 Anak-Anaknya

“Tahukah kamu  Muhammad, bahwa aku mempunyai 70.000 anak. Dan setiap anak memiliki  70.000 syaithan. Sebagian ada yang aku tugaskan untuk mengganggu ulama. Sebagian untuk  menggangu anak – anak muda, sebagian untuk menganggu orang -orang tua, sebagian untuk  menggangu wanta – wanita tua, sebagian anak -anakku juga aku tugaskan  kepada para Zahid.”
“Aku punya anak yang suka mengencingi telinga manusia sehingga ia tidur pada shalat berjamaah. tanpanya,  manusia tidak akan  mengantuk pada waktu shalat berjamaah.”
“Aku punya anak yang suka menaburkan sesuatu di  mata orang yang sedang  mendengarkan ceramah ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya  terhapus.”
“Aku punya anak yang senang berada di lidah manusia, jika seseorang melakukan  kebajikan lalu ia beberkan kepada manusia, maka 99% pahalanya akan  terhapus.”
“Pada setiap seorang wanita yang berjalan, anakku dan syaithan  duduk di pinggul dan pahanya, lalu menghiasinya agar setiap orang  memandanginya.”
Syaithan juga berkata, “keluarkan tanganmu”, lalu  ia mengeluarkan tangannya lalu syaithan pun menghiasi  kukunya.
“Mereka, anak – anakku selalu meyusup dan berubah dari satu  kondisi ke kondisi lainnya, dari satu pintu ke pintu yang lainnya untuk menggoda  manusia hingga mereka terhempas dari keikhlasan mereka. Akhirnya  mereka menyembah Allah tanpa ikhlas, namun mereka tidak merasa.”
“Tahukah kamu, Muhammad? bahwa ada  rahib yang telah beribadat  kepada Allah selama 70 tahun. Setiap orang sakit yang didoakan olehnya, sembuh seketika. Aku terus menggodanya  hingga ia berzina, membunuh dan kufur.”

Cara Iblis Menggoda

“Tahukah kau Muhammad, dusta berasal dari  diriku?
Akulah mahluk pertama yang berdusta.
Pendusta adalah sahabatku. barangsiapa  bersumpah dengan berdusta, ia kekasihku.
Tahukah kau  Muhammad?
Aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama Allah  bahwa aku benar – benar menasihatinya.
Sumpah dusta adalah  kegemaranku.
Ghibah (gossip) dan Namimah (Adu domba)  kesenanganku.
Kesaksian palsu kegembiraanku.
Orang yang bersumpah untuk  menceraikan istrinya ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali dan  walaupun ia benar. Sebab barang siapa membiasakan dengan kata – kata  cerai, isterinya menjadi haram baginya. Kemudian ia akan beranak cucu  hingga hari kiamat. jadi semua anak – anak zina dan ia masuk neraka  hanya karena satu kalimat, CERAI.

Wahai Muhammad, umatmu  ada yang suka mengulur  ulur shalat. Setiap ia hendak berdiri untuk shalat, aku bisikan padanya  waktu masih lama, kamu masih sibuk, lalu ia manundanya hingga ia  melaksanakan shalat di luar waktu, maka shalat itu dipukulkannya  kemukanya.

Jika ia berhasil mengalahkanku, aku biarkan ia shalat.  Namun aku bisikkan ke telinganya ‘lihat kiri dan kananmu’, iapun  menoleh. pada saat iatu aku usap dengan tanganku dan kucium keningnya  serta aku katakan ’shalatmu tidak sah’
Bukankah kamu tahu Muhammad, orang yang banyak menoleh dalam  shalatnya akan dipukul.
Jika ia shalat sendirian, aku suruh dia  untuk bergegas. ia pun shalat seperti ayam yang mematuk beras.
Jika ia  berhasil mengalahkanku dan ia shalat berjamaah, aku ikat lehernya dengan  tali, hingga ia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya  sebelum imam.
Kamu tahu bahwa melakukan itu batal shalatnya dan  wajahnya akan dirubah menjadi wajah keledai.
Jika ia berhasil  mengalahkanku, aku tiup hidungnya hingga ia menguap dalam shalat. Jika  ia tidak menutup mulutnya  ketika mnguap, syaithan akan masuk ke dalamdirinya, dan membuatnya  menjadi bertambah serakah dan gila dunia.
Dan iapun semakin taat padaku.
Kebahagiaan apa untukmu, sedang aku  memerintahkan orang miskin  agar meninggalkan shalat. aku katakan padaknya, ‘kamu tidak wajib shalat, shalat hanya  wajib untuk orang yang  berkecukupan dan sehat. orang sakit dan miskin tidak, jika kehidupanmu telah berubah baru kau  shalat.’
Ia pun mati dalam kekafiran. Jika ia mati sambil  meninggalkan shalat maka Allah akan menemuinya dalam kemurkaan.
Wahai Muhammad, jika aku berdusta Allah akan  menjadikanku debu.
Wahai Muhammad, apakah kau akan bergembira  dengan umatmu padahal aku mengeluarkan seperenam mereka dari  islam?”

10 Hal  Permintaan Iblis kepada Allah SWT

“Berapa hal  yang kau pinta dari  Tuhanmu?”
“10  macam”
“Apa  saja?”
“Aku  minta agar Allah membiarkanku berbagi dalam harta dan anak manusia,  Allah mengizinkan.”
Allah berfirman,
“Berbagilah dengan manusia dalam  harta dan anak. dan janjikanlah mereka, tidaklah janji setan kecuali  tipuan.” (QS Al-Isra :64)
“Harta yang  tidak dizakatkan, aku makan darinya. Aku juga makan dari  makanan haram dan yang  bercampur dengan riba, aku juga makan dari makanan yang tidak dibacakan nama  Allah.”
Aku minta  agar Allah membiarkanku ikut bersama dengan orang yang berhubungan dengan  istrinya tanpa berlindung dengan Allah, maka setan ikut bersamanya dan  anak yang dilahirkan akan  sangat patuh kepada syaithan.
Aku minta agar bisa ikut bersama  dengan orang yang menaiki  kendaraan bukan untuk tujuan yang halal.
Aku minta agar Allah menjadikan kamar  mandi sebagai rumahku.
Aku minta agar Allah menjadikan pasar  sebagai masjidku.
Aku minta agar Allah menjadikan syair sebagai  Quranku.
Aku minta agar Allah menjadikan pemabuk sebagai teman  tidurku.
Aku minta agar Allah memberikanku saudara, maka Ia  jadikan orang yang  membelanjakan hartanya untuk maksiat sebagai saudaraku.”
Allah  berfirman,
“Orang  -orang boros adalah  saudara – saudara syaithan. ” (QS Al-Isra : 27).
“Wahai Muhammad,  aku minta agar Allah membuatku bisa melihat manusia sementara  mereka tidak bisa  melihatku.”
Dan aku minta agar Allah memberiku kemampuan untuk  mengalir dalam aliran darah manusia.
Allah menjawab, “silahkan”,  dan aku bangga dengan hal itu hingga hari kiamat.
“Sebagian besar manusia  bersamaku di hari kiamat.”
Iblis berkata : “Wahai muhammad,  aku tak bisa menyesatkan  orang sedikitpun, aku hanya bisa membisikan dan  menggoda.
Jika aku bisa menyesatkan, tak akan tersisa seorangpun…!!!
Sebagaimana  dirimu, kamu tidak bisa  memberi hidayah sedikitpun, engkau hanya rasul yang menyampaikan  amanah.
Jika kau bisa memberi hidayah, tak akan ada seorang kafir  pun di muka bumi ini. Kau hanya bisa menjadi penyebab  untuk orang yang telah ditentukan sengsara.
Orang  yang bahagia adalah orang  yang telah ditulis bahagia sejak di perut ibunya. Dan orang yang sengsara adalah orang yang telah ditulis sengsara semenjak dalam kandungan ibunya.”
Rasulullah SAW lalu  membaca ayat :
“Mereka akan terus  berselisih kecuali orang  yang dirahmati oleh Allah SWT” (QS Hud :118 –  119)
juga membaca,
“Sesungguhnya  ketentuan Allah pasti berlaku” (QS Al-Ahzab :  38)
Iblis lalu  berkata:
“Wahai Muhammad Rasulullah, takdir  telah ditentukan dan pena takdir telah kering. Maha Suci Allah yang menjadikanmu pemimpin para  nabi dan rasul, pemimpin penduduk surga, dan yang telah menjadikan aku pemimpin  mahluk  mahluk celaka dan pemimpin penduduk neraka. aku si  celaka yang terusir, ini akhir yang ingin aku  sampaikan kepadamu. dan aku tak  berbohong.”

Sampaikanlah risalah ini kepada saudara-saudara kita, agar mereka mengerti dengan benar, apakah tugas-tugas dari Iblis atau Syaithan tsb. Sehingga kita semua dapat mengetahui dan dapat mencegahnya dan tidak menuruti bisikan dan godaan Iblis atau Syaithan.

Mudah-mudahan dengan demikian kita dapat setidak-setidaknya membuat hidup ini lebih nyaman dan membuat tempat serta lingkungan kita lebih aman.

Sumber :

rileks.com / indobestseller.wordpress.com

6 Kekuatan Dahsyat Pada Diri Manusia


1. Kekuatan Impian (The Power of Dreams)

https://i2.wp.com/sonshinefm.ws/ResLib/Images/Inside/Various%20-%20Power%20of%20Dreams%20CD%20cover.jpg

Untuk memperoleh hal-hal terbaik dalam kehidupan ini, setiap kita harus memiliki impian dan tujuan hidup yang jelas. Setiap kita harus berani memimpikan hal-hal terindah dan terbaik yang kita inginkan bagi kehidupan kita dan kehidupan orang-orang yang kita cintai.

Tanpa impian, kehidupan kita akan berjalan tanpa arah dan akhirnya kita tidak menyadari dan tidak mampu mengendalikan ke mana sesungguhnya kehidupan kita akan menuju.

2. Kekuatan dari Fokus (The Power of Focus)

https://i2.wp.com/www.tradebit.com/usr/eshop/pub/9002/contrecover.jpg

Fokus adalah daya (power) untuk melihat sesuatu termasuk masa depan, impian, sasaran atau hal-hal lain seperti kekuatan dan kelemahan dalam diri, peluang di sekitar kita, sehingga lebih jelas dan mengambil langkah untuk mencapainya.

Seperti sebuah kacamata yang membantu seorang untuk melihat lebih jelas, kekuatan fokus membantu kita melihat impian, sasaran, dan kekuatan kita dengan lebih jelas, sehingga kita tidak ragu-ragu dalam melangkah untuk mewujudkannya.

3. Kekuatan Disiplin Diri (The Power of Self Discipline)

https://i1.wp.com/a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/148328_453647217581_141193332581_5581845_4318023_n.jpg

Pengulangan adalah kekuatan yang dahsyat untuk mencapai keunggulan. Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Menurut filsuf Aristoteles, keunggulan adalah sebuah kebiasaan.

Kebiasaan terbangun dari kedisiplinan diri yang secara konsisten dan terus-menerus melakukan sesuatu tindakan yang membawa pada puncak prestasi seseorang. Kebiasaan kita akan menentukan masa depan kita.

Untuk membangun kebiasaan tersebut, diperlukan disiplin diri yang kokoh. Sedangkan kedisiplinan adalah bagaimana kita mengalahkan diri kita dan mengendalikannya untuk mencapai impian dan hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.

4. Kekuatan Perjuangan (The Power of Survival)

https://i1.wp.com/www.withoutruleoflaw.com/wp-content/uploads/2009/11/survival-425.jpg

Setiap manusia diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan dan penderitaan. Justru melalui berbagai kesulitan itulah kita dibentuk menjadi ciptaan Tuhan yang tegar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan.

Seringkali kita lupa untuk belajar bagaimana caranya menghadapi kegagalan dan kesulitan hidup, karena justru kegagalan itu sendiri merupakan unsur atau bahan yang utama dalam mencapai keberhasilan atau kehidupan yang berkelimpahan.

5. Kekuatan Pembelajaran (The Power of Learning)

http://readyforlearning.files.wordpress.com/2010/12/children_learning-zbbjrx.jpg

Salah satu kekuatan manusia adalah kemampuannya untuk belajar. Dengan belajar kita dapat menghadapi dan menciptakan perubahan dalam kehidupan kita. Dengan belajar kita dapat bertumbuh hari demi hari menjadi manusia yang lebih baik.

Belajar adalah proses seumur hidup. Sehingga dengan senantiasa belajar dalam kehidupan ini, kita dapat terus meningkatkan taraf kehidupan kita pada aras yang lebih tinggi.

6. Kekuatan Pikiran (The Power of Mind)

http://2.bp.blogspot.com/_wD8DaPVp0m0/TBoUpEjZqKI/AAAAAAAAAvE/ebRFn47J894/s1600/mind-power-3.jpg

Pikiran adalah anugerah Tuhan yang paling besar dan paling terindah. Dengan memahami cara bekerja dan mengetahui bagaimana cara mendayagunakan kekuatan pikiran, kita dapat menciptakan hal-hal terbaik bagi kehidupan kita.

Dengan melatih dan mengembangkan kekuatan pikiran, selain kecerdasan intelektual dan kecerdasan kreatif kita meningkat, juga secara bertahap kecerdasan emosional dan bahkan kecerdasan spiritual kita akan bertumbuh dan berkembang ke tataran yang lebih tinggi.

Semua dari kita berhak dan memiliki kekuatan untuk mencapai kehidupan yang berkelimpahan dan memperoleh hal-hal terbaik dalam kehidupannya.

Semuanya ini adalah produk dari pilihan sadar kita, berdasarkan keyakinan kita, dan bukan dari produk kondisi keberadaan kita di masa lalu dan saat ini.

Sebagaimana dikatakan oleh Jack Canfield dalam bukunya The Power of Focus, bahwa kehidupan tidak terjadi begitu saja kepada kita. Kehidupan adalah serangkaian pilihan dan bagaimana kita merespons setiap situasi yang terjadi pada kita.

Sumber :
kaskus.us

Quiz dari Rumah Pena


Ada groups baru di FB, Rumah Pena. Sesuai dengan namanya groups ini adalah tempat kita untuk belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan tulis menulis, teater dan lain-lain deh. Singkatnya RUmah Pena ini adalah tempat kursus bagi siapapun yang ingin menjadi penulis profesional.

Well, ini dia quiz-nya. Dari kata-kata ini Merah / tanah / luka / pisau / badai / darah / mata// Harus jadi sebuah cerita pendek dua paragraf yang bertema romantis. Naaah lhoooo! Pe-eR banget kan tuh, padahal jelas-jelas enam kata di atas itu beraroma hitam, kematian, sesuatu yang horor kok yaaa minta temanya yang romantis. Halllooooow?! Nah, disitulah letak kreatifitas kita di uji. bagaimana kita bisa mengolah kata2 beraroma hitam tadi menjadi hijau 🙂
Aku sieh mau ikutan tapi, hiks hiks mati ide terus. Deadline sampai tanggal 20 sieh, jadi masih ada waktu untuk bergumul dengan enam kata tadi dan ide yang bisa saja sewaktu2 datang 🙂

Indonesia Mengajar : Pengajar Muda Angkatan III


Mari Bergabung! Mohon bantuannya juga untuk dishare ke teman-teman yang lain.. Terima kasih 🙂

==================================================

Apakah Anda generasi muda terbaik bangsa ini? Indonesia Mengajar mengundang Anda menjadi Calon Pengajar Muda angkatan III.

Pendaftaran berlangsung pada 20 April – 31 Mei 2011 secara online. Mau tahu syaratnya?

*Sarjana (Min. S1)

*Fresh graduate dari berbagai disiplin ilmu

*WNI dan belum menikah

*Diutamakan berusia tidak lebih dari 25 tahun

*IPK minimal 3,0 dalam skala 4,0

*Berprestasi (di dalam ataupun di luar kampus)

*Mengedepankan jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman berorganisasi

*Mengedepankan kepedulian sosial dan semangat pengabdian

*Memiliki antusiasme dan passion dalam dunia pendidikan, khususnya belajar-mengajar

*Menghargai dan berempati terhadap orang lain

*Memiliki semangat juang, kemampuan adaptasi yang tinggi, menyukai tantangan dan kemampuan problem solving

*Memiliki hobi atau ketrampilan non-akademis yang menarik dan bermanfaat

*Sehat secara fisik dan mental

*Bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun

Apakah Anda merasa memenuhi persyaratan di atas?

Segera daftarkan diri Anda di sini!

Untuk informasi lebih lengkap klik www.indonesiamengajar.org dan ikuti cerita terbaru kami di Facebook : Indonesia Mengajar dan Twitter : @pengajarmuda

Setahun mengajar, seumur hidup menginspiras